Subscribe On E-mail

SUBSCRIBE BLOG KAMI DI EMAIL ANDA :

Our web CEO RISMAN SIMANJUNTAK

Tuesday, 4 March 2014

Gudang TNI AL yang Meledak Berisi Amunisi Senjata Laras Panjang dan Pendek

Rabu, 5 Maret 2014 | 12:32 WIB

GOOGLE MAPSLokasi gudang amunisi milik TNI Angkatan Laut di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Gudang itu meledak pada Rabu (5/4/2014) pukul 10.30 WIB.


- Gudang TNI Angkatan Laut di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang meledak pada Rabu (5/3/2014), merupakan tempat penyimpanan peralatan tempur milik Komando Pasukan Khas (Kopaska). Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul mengatakan, di sana disimpan amunisi senjata laras panjang dan laras pendek.
"Gudangnya tidak terlalu besar," kata Iskandar melalui telepon kepada Kompas TV, Rabu.
Iskandar mengatakan, gudang itu berada di pulau dekat dermaga. Di sana, kata dia, menjadi tempat pasukan Pasukan Katak latihan harian, mingguan, dan bulanan. Salah satunya latihan menembak.
Saat ledakan terjadi, kata dia, pihaknya langsung memadamkan dengan menyemprotkan air dari kapal. Ketika ditanya benda apa saja yang meledak, Iskandar belum bisa memastikan. "Masih didata," ucapnya.
 Tentara Nasional Indonesia telah menurunkan tim investigasi untuk menyelidiki penyebab meledaknya Gudang TNI Angkatan Laut di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/3/2014). Kemungkinan ledakan karena hubungan pendek arus listrik.
"Penyebab pasti belum tahu, mungkin arus pendek. Tim investigasi dan tim lain sudah di TKP (tempat kejadian perkara)," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul melalui telepon kepada Kompas TV, Rabu.
Iskandar mengatakan, di gudang yang berada di pulau kecil itu disimpan amunisi senjata laras panjang dan laras pendek. Di sana, kata dia, menjadi tempat pasukan Pasukan Katak latihan harian, mingguan, dan bulanan. Salah satunya latihan menembak.
Informasi yang diterima Iskandar, jumlah korban akibat ledakan itu mencapai 25 orang yang semuanya dari pihak TNI. Ledakan yang besar itu, kata dia, mengakibatkan pecahan genteng dan kaca menyebar hingga radius sekitar 50 meter.
"Sampai sekarang, laporan dari bagian kesehatan tidak ada yang meninggal. Harapan kita tidak ada yang meninggal. Tim masih mendata apa saja yang meledak dan nama-nama korban. Nanti kita rilis," kata Iskandar.Tidak ada korban dari kalangan sipil akibat ledakan gudang amunisi Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL di Pulau Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/3/2014).

"Tidak ada masyarakat sipil karena lokasi tersebut area terisoliryang steril dan clear dari penduduk sipil sehingga tidak berdampak pada masyarakat sekitar," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepadaKompas.com, Rabu (5/3/2014).

Sebelumnya Iskandar mengatakan, jumlah korban luka mencapai 25 orang, semuanya anggota TNI AL. Saat ini, semua korban dibawa ke RS TNI AL.

Sampai saat ini, penyebab ledakan masih dalam penyelidikan.

Terjadi Ledakan di Tanjung Priok

Rabu, 5 Maret 2014 | 11:26 WIB
TWITTER via @rismanAtzAsap membumbung di langit pascaledak

No comments:

Post a Comment